Terjemahan

Thursday, July 26, 2012

Brebes Ekspor Ratusan Ton Bawang ke Thailand


BREBES, suaramerdeka.com - Ratusan ton bawang merah asal Brebes setiap bulan kini diekspor ke Thailand dan Malaysia. Ekspor itu dilakukan para pedagang menyusul produksi petani yang melimpah karena tengah panen raya.
Aktivitas pengepakan bawang merah untuk ekspor terlihat di beberapa gudang bawang di sepanjang jalur pantura Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Brebes. Sejumlah kontainer juga tengah mengantre untuk diisi bawang merah tersebut.
Bupati H Agung Widyantoro SH MSi, bersama rombongan melakukan pemantauan langsung ke gudang HRD Klampok Brebes. Bupati juga menyempatkan dialog dengan pedagang dan para buruh.
Beni Santoso, pedagang bawang merah mengatakan, ekspor bawang ke Thailand dan Malaysia itu sudah dilakukannya sejak tiga minggu terakhir. Satu minggu rata-rata tiga kali kirim sebanyak 12 kontainer atau 336 ton.
"Jadi selain impor, kami juga melakukan ekspor bawang. Kalau ditotal, ekspor bawang dari Brebes sebanyak 20-25 setiap minggunya. Selain dari Brebes, ekspor juga dari Cirebon dan Jawa Timur," ujar pemilik gudang bawang HRD Klampok, Kecamatan Brebes.
Dia menjelaskan, ekspor bawang itu biasanya dilakukan setiap bulan Juli hingga November, di mana produksi petani sedang melimpah. "Tahun ini ekspor yang kami lakukan terbilang lebih awal, karena biasanya kami baru kirim ke luar negeri sekitar bulan September," jelasnya.
Bupati Brebes H Agung Widyantoro SH MSi mengatakan, Pemkab Brebes memberikan apresiasi tinggi terhadap putra daerah yang mampu meningkatkan produksi. Pihaknya juga mendorong agar para pedagang lainnya juga ikut mengekspor bawang. "Ekspor ini kami harapkan sebagai titik awal bangkitnya bawang merah Brebes," tandasnya.
( Bayu Setiawan / CN33 / JBSM
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/07/24/125178/Brebes-Ekspor-Ratusan-Ton-Bawang-ke-Thailand

No comments:

Post a Comment