Terjemahan

Friday, August 24, 2012

MUSIM TANAM: Petani Diimbau Waspadai Hama Tikus





SUKOHARJO-Menghadapi musim tanam (MT) 3 ini para petani di Sukoharjo diimbau mewaspadai serangan hama tikus pada lahan pertanian mereka. Karena saat musim panen seperti sekarang ini tikus cenderung berdiam di persembunyian mereka.
“Sekarang ini petani di daerah banyak yang panen, saat seperti ini hama tikus banyak yang menggali lubang untuk persembunyian dan berkembang biak. Karena padi para petani sudah banyak yang dipanen,” papar Kasi Perlindungan Tanaman dan Holtikultura Dinas Pertanian (Dispertan) Sukoharjo, Narto ketika ditemui Solopos.com saat mendampingi Kepala Dispertan, Giyarti di ruang kerjanya, Rabu (8/8/2012).
Menurut dia MT 3 yang berbarengan dengan musim kemarau kemungkinan hanya hama tikus yang harus diwaspadai. Sebab hama lainnya seperti wereng diperkirakan tak begitu mengkhawatirkan. Sebab, ungkap Giyarti, musim kering seperti sekarang ini biasanya akan menghambat laju perkembangbiakan hama wereng. Kendati demikian pihaknya tetap mengimbau para petani tetap waspada.
Karena fakta di lapangan menunjukkan hama wereng kadang tetap ada di sejumlah tempat kendati bertepatan dengan musim kemarau seperti sekarang ini. Guna mengantisipasi serangan hama saat MT 3, pihaknya mengaku telah membantu para petani untuk mengendalikan perkembangbiakan hama.
Di antaranya pihaknya memberi kelompok tani di Sukoharjo dengan 724 buah hands sprayer, 234 buah power sprayer, umpan, untuk memberantas tikus, jaring dan sebagainya. Barang-barang bantuan itu selama ini dinilai cukup efektif mengendalikan populasi tikus di areal pertandian di Sukoharjo.
Lebih lanjut Narto mengatakan pada MT 2 ini serangan hama tikus relatif tak begitu luas. Karena di Sukoharjo hanya wilayah Bendosari yang relatif terasa adanya serangan hama tikus. “Serangan hama tikus yang paling terasa memang di Bendosari. Tetapi secara keseluruhan serangan hama tikus di Sukoharjo tergolong masih wajar,” terang Narto.

sumber : http://www.solopos.com/2012/sukoharjo/musim-tanam-petani-diimbau-wapadai-hama-tikus-317432

No comments:

Post a Comment