Terjemahan

Friday, November 9, 2012

Peternakan Sapi Indonesia Masih Kekurangan Lahan

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Lahan pengembangan usaha ternak sapi di Indonesia masih kurang. Peternakan yang dilaksanakan saat ini umumnya hanya dibangun dalam lahan yang sangat terbatas, padahal Indonesia memiliki lahan baik berupa hutan maupun perkebunan yang cukup luas untuk bisa dijadikan sebagai lahan peternakan.
"Kondisi dunia peternakan kita bisa dikatakan ironis. Bagaimana tidak untuk mengembangkan usaha peternakan saja tidak punya lahan," kata Dekan Fakultas Peternakan UGM Prof Dr Ir Ali Agus DAA DEA di kampus setempat, dalam rangkaian acara
dies natalis Fakultas Peternakan UGM ke-43.
Disebutkan bahwa lahan seluas dua sampai tiga hektare idealnya digunakan untuk menggembalakan satu ekor sapi. Sementara di Indonesia sendiri hingga saat ini terdapat setidaknya 14 juta ekor sapi ternak. "Di Indonesia banyak areal yang bisa dijadikan sebagai lahan peternakan seperti hutan maupun areal pertanian," katanya.
Untuk mengatasi persoalan tersebut, dikatakan perlu adanya sinergi antara dinas peternakan dengan kementrian kehutanan maupun kementrian pertanian dalam pemanfaatan lahan. Dengan adanya sinergi antarlembaga terkait diharapkan dapat meningkatkan potensi usaha dunia peternakan Indonesia untuk mewujudkan swaembada pangan nasional.
Diperkirakan, upaya mewujudkan swasembada daging pada 2014 cukup berat. Meskipun pemerintah Indonesia mendorong pengembangan ternak sapi, upaya tersebut dirasa belum bisa mengejar pecapaian swasembada sapi. Pasalnya permintaan terhadap daging sapi masih tergolong tinggi untuk memenuhi kebutuhan daging sapi nasional yang mencapai 484 ribu ton setahun.
"Peternakan sapi Indonesia saat ini baru dapat memenuhi sekitar 60 persen kebutuhan daging nasional. Tahun 2009 kita masih harus impor sekitar 800 ribu ekor sapi dan di tahun 2011 sebanyak 300 ribu ekor sapi, itu belum termasuk dagingnya. Kebutuhan cukup tinggi tapi belum bisa memenuhi sendiri, padahal potensi lokal besar," paparnya.
( Bambang Unjianto / CN26 / JBSM )

sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/10/27/133842/Peternakan-Sapi-Indonesia-Masih-Kekurangan-Lahan

No comments:

Post a Comment